Balik nama kendaraan motor di Bandung Barat

Karena harus rutin bolak-balik Bandung-Sukabumi, apalagi sudah memiliki seorang istri yang tinggal di Sukabumi sementara sya bekerja di Bandung, akhirnya 3 bulan yang lalu, motor vario saya tukarkan dengan motor jangkung Yamaha Vixion tahun 2010. Alhamdulillah mudik Bandung-Sukabumi lebih nyaman tidak terlalu banyak goncangan dan bisa sedikit lebih ngebut hehe

Namun dari tukar tambah motor tersebut menyisakan sebuah masalah, yaitu perpanjangan motor yang berakhir pada tanggal 21 April 2014. Ketika mau memperpanjang, (syarat perpanjangan harus menggunakan KTP Pemilik asli) sang pemilik awal seperti yang ogah2an meminjamkan KTP nya. Ditambah ada halangan waktu mau perpanjangan tersebut akhirnya telat sampai 1 minggu. Karena saya orangnya gak mau ribet dan harus seperti meminta-minta pada orang akhirnya memutuskan untuk sekalian balik nama kendaraan karena setelah baca di internet balik nama kendaraan tidak membutuhkan KTP Asli pemilik awal. Cukup kwitansi pembelian diatas materai saja. Yaah, itung2 pengalaman juga kebetulan bulan depan harus balik nama mobil juga hehe

Tanggal 28 April, sya pergi ke samsat bandung barat di Jl Pajajaran, sya berangkat jam 8 dari rumah di Jl Sukahaji kulon dekat Gegerkalong Girang Bandung, namun saat di depan Samsat ternyata pada bangunan Samsat sedang dibangun bangunan baru. Saya lantas menanyakan keberadaan samsat Bandung Barat dan katanya dialihkan tempatnya ke Jl Wastukencana tepat di depan hotel baru “hotel California”.

Sesaat setelahnya saya putar arah dan menuju Wastukencana, masuk jalan tersebut saya ambil jalur kiri (karena jalan di wastukencana 1 arah tpi dibatas jadi 2 jalan) namun ternyata kantor Samsat ada disebelah kanan, jadi akhirnya saya harus putar balik lagi untuk menuju lokasi. Jadi buat anda yang mau ke Samsat Bandung Barat ingat ambil jalur kanan pas masuk jl Wastukencana nya ya biar nggak putar arah lagi.

Sampai di tujuan, saya lantas memarkir kendaraan saya sembari diarahkan sama tukang parkir. Sebelum saya masuk saya utarakan keinginan saya untuk membalik nama kendaraan kepada tukang parkir tersebut. Katanya kalau motor ini berasal dari Samsat luar maka harus ambil berkas dulu di samsat tersebut. Setelah saya lihat STNK Motor Vixion saya ternyata itu berasal dari SAMSAT Bandung tengah yang berada di Jl Kawaluyaan jalur jalan Soekarno Hatta. Akhirnya dari sana sya gaspol lagi motor saya, sambil menyalakan GPS di HP dan bertanya ke orang-orang seputar alamat tersebut. Namun tetap saja kelewatan tuh kantor SAMSAT, apalagi di SAMSAT Bandung Tengah itu tidak ada plang di pinggir jalan yang ada malah pepohonan rindang yang membingungkan pengendara.

Menurut orang yng sebelumnya saya tanya tuh SAMSAT lokasinya dekat Metro Trade Center setelah jembatan fly over belok kiri, tpi ternyata belokan aslinya adalah sebelum jembatan tersebut. Lantas akhirnya saya nanya ke Bapak2 berikutnya katanya bisa masuk dari kompleks (lupa namanya) saya terus nanya2 dan akhirnya ketemu tuh SAMSAT. Gedungnya cukup besar dan megah namun menurut saya denah lokasi dan penunjuk arah dari Jl Soekarno Hatta sangat kurang sekali. Kebayang kan kalau salah terus kelewat harus muter arah udah mah jauh mana macetnya itu huhh.

Okeh, akhirnya sampai tuh di SAMSAT Bandung tengah, saya tanya tuh pada penjaga di depan (pegawai cek fisik) saya lantas utarakan maksud dan tujuan saya. Kata mereka karena KTP saya berada di kecamatan Sukasari maka proses bea balik nama harus di Samsat Bandung Barat, namun pengambilan berkas motornya dari Samsat Bandung Tengah. Okelah, akhirnya saya ikuti arahannya, lantas saya ke bagian Arsip di SAMSAT tersebut, tpi duhh saya menemukan pegawai yang sangat jutek dan pikasebeleun. Udah mah panas, macet, jauh salah jalan lagi terus sekarang nemu pegawai yang kaya gitu. Asli jadi illfeel banget. Sekitar 15 menit tuh saya tunggu pegawai nya nyari berkas motor vixion saya, akhir mereka memanggil dan memberikan berkas tersebut.

Ruang arsip samsat bandung tengah
Ruang arsip samsat bandung tengah

Naah tadinya karena ingin segera selesai proses balik nama itu, karena sudah terlalu capek dan ngelihat jam sudah jam 12 siang akhirnya saya tidak melanjutkan perjalanan menuju SAMSAT Bandung Barat tapi saya gas motor menuju rumah dan menyelesaikan esok hari. Kebayang kan kalau udah sangat capek terus nemu karyawan gitu lagi bakalan repot ntar (esmosi terus nanti bawaannya hehe)

Perjalanan Balik Nama Kendaraan Motor berikutnya bisa baca disini 


5 thoughts on “Balik nama kendaraan motor di Bandung Barat

  1. Nice info , moga2 dibaca sama pihak yang berwenang !! Bahwa anak buah mereka kerjanya pada cemberut .
    Jadi jangan salahkan rakyat kalo pada males bayar pajak.
    ( mau ngasih uang ke Negara aja ribet , apalagi mau minta , ampun dah Indonesiaku )

Tinggalkan Pesan Sobat

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s