Balik nama kendaraan motor di Bandung Barat Hari Kedua

samsat bandung barat
samsat bandung barat

Keesokan harinya tanggal 29 April 2014 (kejadiannya tadi pagi hehe), saya berangkat lebih pagi dibanding hari sebelumnya. Saya start dari jam 07.00 itupun sarapan bubur dulu di gegerkalong. Sampai di SAMSAT Wastukencana pukul 07.45 dan SAMSAT masih tutup karena menurut petugas parkir SAMSAT buka pukul 08.00.  Naah saya lihat dompet saya lupa uang yang saya bawa cuma 500rb, sementara saya googling sebelumnya biaya BBN untuk motor 150cc sekitar 500rb-an plus pajak kendaraan bermotor (PKB) 270rb-an akhirnya saya ambil uang dulu ke ATM. Kebetulan di depan Samsat nggak jauh ada POM Bensin + ATM jadi saya ambil tuh 500rb lagi buat jaga-jaga kalau lebih pembayarannya. Abis itu saya fotokopi tuh BKPB, STNK, Kwitansi pembelian diatas materai.

Balik ke SAMSAT ternyata sudah dibuka pendaftarannya. Ingat anda harus masuk ke bagian pendaftaran mengambil formulir BBN jangan ngantri di bagian yang mau perpanjangan tahunan ya, atau langsung masuk aja soalnya orang yang BBN biasanya lebih sedikit (note: tidak ada penempatan dan arah yang jelas)

samsat bandung barat
samsat bandung barat

Abis itu sya nanya lagi, kita harus cek fisik motor. Masuk dah ke bagian cek fisik untuk gesek kendaraan namanya (disini saya nemu petugas yang pikasebeleun lagi, sok banget dah hehe padahal bagian register atau cap doang hehe) dia ngerekomendasiin petugas lain untuk cek motor abis itu saya suruh balik lagi ke bagian cek fisik, sama orang ini nyuruh minta tandatangan ke pak polisi bagian cek fisik abis itu dari pak polisi suruh di register ama si bapak tadi.

Cek fisik kendaraan bea balik nama
Cek fisik kendaraan bea balik nama

Naah sehabis itu, kita masuk ke ruangan PUSAT PELAYANAN BPKB ONLINE Samsat Bandung Barat. Saya masukan foto kopi BKPB, STNK, Kwitansi Pembelian sama berkas Mutasi dari SAMSAT Bandung tengah. Namun saya sedikit diceramahi oleh petugas di kantor tsbt, karena saya tidak menyertakan foto kopi Faktur Pembelian Motor Vixion. Akhirnya balik lagi tuh saya fotokopi jalan kaki ke daerah tamansari, karena fotokopi yang di depan SAMSAT tidak buka (kebayang gak tuh udah 2 balikan saya fotokopi). Setelah itu saya masukan lagi persyaratan tadi, disana saya diputar2 tuh hehe pertama saya disuruh menuju petugas mutasi, menurut beliau ada kekurangan data yang harus diisi ulang, selanjutnya bayar mutasi motor sebesar Rp. 75.000 dan diberi kwitansi pelunasan mutasi. Sehabis itu saya disuruh motokopi 1 berkas, nggak tau berkas apaan itu (lupa namanya yang ada udah gondok kenapa nggak dari tadi aja nyuruh motokopinya dalam hati, mana jauh lagi) terus balik lagi ke kantor akhirnya tektekbengek dikantor itu selesai dan saya disuruh kesebelah depan lagi untuk bayar PNB sebesar 80.000 via bank BRI sembari membawa kwitansi tadi. Setelah bayar PNB kita diberikan tanda pelunasan juga, yang digunakan untuk masuk registrasi ke loket 8. Registrasi BPKB dan pembayaran BBNKB.

 

kantor pelayanan bpkb online
kantor pelayanan bpkb online

Saya kasihkan ke loket 8, tidak menunggu lama saya disuruh menunggu di loket 6 untuk pembayaran dan waktu itu saya diminta membayar Rp 593.300 (BBN+Pajak+denda pajak yang telat) menunggu sekitar 5 menit untuk dipanggil. Setelahnya saya menunggu diloket nomor 7 untuk menunggu diberikan STNK baru atas nama saya🙂 dan resi BPKB. Dari sana, saya disuruh untuk pergi ke ruang Gudang Arsip untuk mengambil plat nomor. Sebelum pergi, cek dulu STNK baru anda ya apabila ada kesalahan dalam pencatatan (lihat nama pemilik, alamat dan tahun berlakunya tuh motor). Lanjut saya ke ruang plat nomor, tapi ternyata plat nomor itu tidak bisa diambil langsung harus menunggu sampai 29 September (5bulan bro) saya cuma diberikan kertas kuning sebagai resi untuk pengambilan platnya. Selanjutnya saya disuruh menuju ruang PELAYANAN BPKB ONLINE lagi untuk mengambil BPKB, disana saya diminta untuk memfotokopi lagi resi pengambilan BPKB. Dalam hati sudah menggumam kesal kenapa sering sekali fotokopi sementara fotokopi di depan tutup dan harus fotokopi jauh di daerah taman sari.

Loket 8 Loket Registrasi
Loket 8 Loket Registrasi
loket 6 & 7 loket pembayaran dan penyerahan
loket 6 & 7 loket pembayaran dan penyerahan
Gudang arsip samsat bandung barat
Gudang arsip samsat bandung barat
Gudang arsip samsat bandung barat
Gudang arsip samsat bandung barat

Untungnya saat itu ada masyarakat yang balik nama juga menyarankan untuk memfotokopi dibelakang ruang pelayanan tadi karena disana ada tempat fotokopian (sial dalam hati, kenapa nggak dari tadi aja dikasi tau ada fotokopi disana). Saya tanya ternyata si tukang fotokopiannya telat datang dan bukanya sekitar jam setengah 9. Dan yang bikin kesal kenapa plang/petunjuk fotokopiannya kecil sekali sehingga susah untuk diketahui. Singkat cerita setelah fotokopi resi pengambilan BPKB, saya balik lagi ke ruang tadi untuk pengambilan BPKB, ternyata hasilnya sama, BPKB baru diambil bulan september juga hehe saya diberikan resi pengambilan BPKB nya aja satu lembar untuk pengambilan BPKB yang baru.

Plang fotokopi yang menyelinap hehe
Plang fotokopi yang menyelinap hehe ini dibelakang ruang bpkb online

Saya tanya lagi kepada petugas apa ada hal lain yang harus saya selesaikan, beliau menjawab sudah selesai tinggal tunggu bulan september untuk mengambil BPKB baru dan plat nomor baru. Waktu menunjukan pukul 10.11 WIB dan saya akhirnya bisa pulang membawa STNK baru atas nama saya sendiri🙂

Naah, seperti itu pengalaman saya dalam rangka balik nama kendaraan didalam satu wilayah POLDA tapi beda SAMSAT. Memang cukup memakan waktu tapi sebetulnya menurut saya yang kurang disini adalah informasi dan transparansi. Kalau seandainya informasi yang diberikan cukup jelas, katakanlah ada terpampang besar apa saja yang harus dipersiapkan sebelum masuk ruangan. Alur atau ruangan apa saja yang harus saya tuju. Informasi yang jelas tentang ruangan semisal ada tempat fotokopi dibelakang, ada ruang tunggu dsb (intinya ada customer service yang bisa ditanya secara jelas) kita sebagai wajib pajak dan yang berkepentingan ke SAMSAT tidak dibuat kesal dan akhirnya malas untuk pergi kesana lagi.

Semoga informasi ini bisa membantu anda yang berkepentingan ke SAMSAT. Jadi bagi anda yang mau perpanjangan daun atau baliknama dan sekalian bayar pajak di SAMSAT Bandung barat, berikut saran/tips dari saya.

1. Datang lebih pagi, karena jadwal buka SAMSAT pukul 08:00

2. Bawa BPKB, KTP Pemohon, KWITANSI Pembelian diatas materai, Faktur Kendaraan dan fotokopiannya 2 rangkap (kalau saya 3 rangkap untuk jaga-jaga takut ada yang keselip)

3. Bawa juga berkas mutasi kendaraan, jangan sampai ketinggalan. Ohiya, jangan lupa bawa alat tulis, karena disana tidak disediakan

4. Bawa uang untuk bayar BBNKB. Ingat jangan kurang, biar nggak bolak balik tuh. Kalau dari beberapa website saya lihat dan itungannya hampir sama seperti yang saya bayarkan. Hitungannya seperti ini

Cara menghitungnya:
Buka STNK Anda… Patokannya adalah PKB terakhir di STNK Anda, baris kedua di STNK, karena balik nama maka BBN KB baris pertama di STNK akan terisi, nilainya di dapat dari PKB x 2/3, kemudian SWDKLLJ motor 35.000, Mobil 143.000, biaya administrasi (2 baris terakhir) untuk Motor 40.000 (25.000 + 15.000) (Mulai tanggal 26 Juni 2010 menjadi 80.000,-) (50.000 + 30.000), mobil 70.000 (50.000 + 20.000) (Mulai tanggal 26 Juni 2010 menjadi 125.000,-) (75.000 + 50.000)

contoh:
(Mobil) PKB yang tertera di STNK 900.000,

BBN KB ==> 600.000 (2/3 x PKB)
PKB   ====> 900.000
SWDKLLJ =>143.000
ADM =====>  (50.000, + 20.000 = 70.000) mulai tanggal 26 Juni 2010 berlaku tarif baru (75.000 + 50.000 = 125.000)
Total estimasi biaya yang tertera di STNK nanti termasuk perpanjangan adalah 1.768.000
Ini hanya estimasi karena ada kemungkinan nilai PKB tahun sebelumnya tidak sama dengan nilai PKB pada saat balik nama dilakukan.
Perhitungan ini juga berlaku untuk mutasi mobil / motor anda + balik nama. 

Sumber: www. birojasa-pas. com

5. Selanjutnya anda tinggal action saja menuju loket pendaftaran pengambilan formulit BBN dan ikuti langkahnya sampai selesai.


6 thoughts on “Balik nama kendaraan motor di Bandung Barat Hari Kedua

  1. kang, punten bade naros,
    kalau saya beli motor bekas, misalnya new supra fit 2006, ke sama-sama orang cimahi,
    berapa kira-kira biaya balik nama (menjadi nama saya) untuk satu samsat cimahi ya?
    nuhun kang.
    Dan kelengkapan surat apa saja yang diperlukan? apa juga kwitansi pembelian motor bekasnya?

    1. pada bagian terakhir artikel ini cara menghitung biayanya sangat akurat kang. coba lihat aja besaran nominal pada stnk akang. juga sudah dituliskan apa yang harus dibawa saat BBN pada artikel bagian akhir kang. Semoga sukses

  2. Waktu proses pencabutan di samsat bdg tengah, kena biaya berapa bro?
    Asalnya sih mau lewat biro jasa b***he tapi minta fee nya mahal banget dan BPKB nya juga paling cepet 6 bulan baru keluar…

    1. duhh seinget sya gratis gitu ya cuma ngeliatin ktp+stnk gitu (maaf kalau salah soalnya lupa) kalau BPKB emang aslinya suka lama. sya aja kmren 5 bulan untuk BPKB dan pembuatan kaleng baru

  3. Ngga nyangka kalau ngurus langusng 5 Bulan, lama banget ya. Ane tadi mau ngurus sendiri cuma ngga sempet kalau berhari2 gitu, jadinya pakai jasa, biaya jasanya ampir 500rb, tapi jadinya cepet, 3 hari doang bpkb udah ada. hehehe.

Tinggalkan Pesan Sobat

